Ga Masalah Ga Punya Rencana Keuangan







gbr. pixabay

Awalnya aku uda ga mau bikin resolusi 2023, karena takut kecewa kayak tahun kemarin. Tapi tiba tiba keingat, kalau tidak ada yang dikejar, maka tidak akan ada yang didapat.


Disini aku belajar, bahwa gagal itu emang penting dan lebih penting lagi untuk bangkit.


2022 kemarin aku mengalami kegagalan yang sempat uda kasih efek jera. Gimana nggak, uang yang aku kempulin dengan keringat darah harus aku iklaskan hilang begitu saja. Banyak hal kenapa semua itu terjadi. Mulai dari aku yang asal percaya orang, hingga tidak mengecek detail seluruh alokasi pengeluaran. Sekali lagi, salah memercayai orang.


Tapi karena masalah ini, aku juga banyak sekali mengambil hikmah dan pelajaran yang tidak aku dapatkan kalau saja hal ini tidak terjadi. Menggerutu dulu baru bersyukur hahahaha


Karena sudah mengalami badai Boncos yang tidak terelakkan, aku dipaksa menata ulang arus kasku yang telah sempoyangan dan sudah seharusnya aku melakukannya dan ini sedikit tips yang bakal aku lakuin.

1.lakuin Reviuw Tahunan

Menurut aku ini penting banget. karena ini akan nunjukin seberapa jauh kamu bertumbuh. Apakah net worth kita ada kenaikan apa nggak? Cek growth dari knowledge kita nambah ga? dan musibah apa yang nyamperin?


2.Keinginan

Komeng (pelawak) pernah bilang gini, hidup itu jangan kayak air mengalir, ntar kalau ketemu tai susah menyingkir.

Ini aku setuju banget sih. Betul, tapi untuk mengalir ke samudera yang luas atau selokan tergantung jalurnya. Makanya kita harus punya keinginan yang mau dilakukan. Harapan. Setidaknya aliran hidupnya kesana.


3.Kebutuhan Pokok Terpenuhi Dan Investasi

Dibuat gampang aja, meski kadang nemu ganjalan dimana mana pas eksekusi hahahaha.... Ga usah bingung bagi persentase antara dapur dan nabung. Terpenting, kebutuhan pokok terpenuhi supaya kualitas hidup tidak terganggu. Kalau masih kurang, paksa diri cari side job.


4.Hal Baru Tiap Bulan

Belajar hal baru tiap bulan itu sangat menyenangkan dan sungguh tidak merugikan. Belajar resep baru, misalnya.

Hal ini akan sangat membantu dimasa depan. Percaya deh...


5. Mentor

Kalau punya dana lebih, carih mentor yang ahli dibidang yang diminati, ini akan sangat ngebantu untuk perkembangan  kita.


Ini hal hal yang aku buat untuk jadi resolusi keuangan aku dan cuma sekedar sharing. Kalau semisal ada yang takut buat resolusi lagi karena takut gagal lagi, its oke. 

Sebab, ga masalah kok ga punya resolusi keuangan asal kamu ga punya banyak keinginan, ga punya impian dan ingin hidup di fase ini aja. Asal kamu ingin kerja terus sampai akhir hayat. Asal kamu ga keberatan, saat sakit tabunganmu terkuras. Saat ada kebutuhan darurat, ada barang yang harus dijual dan asal kamu heppy saat anakmu punya cita cita tinggi dan kamu ga bisa biayayain dan asal apalagi yach....


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ga penting, jangan dibaca